Sabtu, 24 April 2010

BIMBEL QURAEC [QIRA`AT ARABIC AND ENGLIS CLUB]

`hadi wijaya
“Menggali Nilai Mengukir Sejarah”
“Allah-lah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian dia menjadikan ( kamu ) kuat, lalu dia menjadikan (kamu) lemah (kembali) dan berubah. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa
(Q.S Ar-Ruum:54)SmileyCentral.com
Segala puji hanya kepunyaan Allah yang telah memerintahkan kita melakukan kebaikan dan keadilan dan,telah mencegah kita agar tidak melakukan kemungkaran dan kemaksiatan. Kita bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah SWT. Yang Maha Esa dan kita bersaksi bahwa nabi Muhammmad itu adalah hamba dan utusan –Nya sebagai rahmat bagi semesta alam. Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW,kepada para keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutanya yang setia mengikuti ajarannya hingga akhir zaman.

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan dan pergolakan zaman yang semakin maju yang diiringi dengan pola kehidupan yang hedonisme dan konsumerisme menuntut kita untuk senantiasa berikhtiar dalam mempertahankan dan meningkatkan nilai-nilai kultur,social dan budaya yang semakin terkikis. Sehingga kegiatan-kegiatan Ritual/ Tadisi-Tradisi nyaris semakin terkikis. Ini merupakn sesuatu yang sangat penting dan sekaligus menjadi sebuah tanggung jawab kita bersama sebagai Agen Of Change dan Agen Of Social Control untuk senantiasa berikhtiar mempertahankan Tradisi-Tardisi tersebut.
Disamping itu salah satu hal terpenting dalam maslah ini adalah kebutuhan kita terhadap komunikasi dengan orang lain. Komunikasi adalah suatu cara bagaimana seseorang menyampaikan suatu pesan kepada orang lain, atau sebaliknya. Seseorang akan mengerti apa yang kita maksud jika mereka mengerti bahasa yang kita gunakan, dan sebaliknya kita juga akana mengerti apa yang disampaikan orang lain jika kita mengerti bahasa yang mereka gunakan. Oleh karena itu dengan jujur kami dari PENGURUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH (BEM-FAKTA) katakan bahwa peranan bahasa itu sangat penting, khususnya untuk bahasa yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi banyak orang diseluruh dunia.
Di era modernisasi dan globalisasi seperti sekarang ini sebenarnya kita dituntut untuk bisa melakukan hubungan secara lebih luas daripada sebelumnya; yakni kita bukan hanya dituntut untuk bisa berhubungan dilingkup dalam negeri saja, tetapi juga dituntut untuk bisa melakukan hubungan secara internasional.
Globalisasi sesungguhnya adalah sebuah istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan dimana bangsa-bangsa, masyarakat atau Negara-negara telah menjadi lebih dekat satu dengan yang lainnya. Di era globalisasi ini bumi kelihatannya menjadi lebih kecil daripada sebelumnya.Dengan kata lain batas-batas kebangsaan sudah tidak dapat berfungsi lagi sebagaiamana sebelumnya. Bebrapa ahli dan para peneleiti sepakat mengatakan bahwa kemunculan globalisasi adalah disebabkan oleh keberadaan alat-alat komunikasi dan informasi, khusunya yang berhubungan dengan peralatan teknologi.Misalnya komunikasi radio, televise,satelit dan kemajuan dibidang transfortasi. Kita dapat melihat dan mendengar secara langsung dengan orang lain dalam waktu yang bersamaan, walaupun kita berada ditempat yang berbeda di belahan dunia ini. Adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa ternyata memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan diera globalisasi ini. Hal tersebut disebabkan oleh kemajuan komunikasi masa yang tengah terjadi; dengan bahasa kita akan mendapatkan banyak informasi tentang Negara-negara luar, diseluruh dunia ini hingga seolah-olah kita pergi kesan dan mengalaminya sendiri.
Konsep globalisasi sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari konsep informasi dan peranan bahasa. Jadi ketiga konsep tersebut harus digabung secara umum. Suatu informasi apapun bentuknya adalah merupakan hubungan antara seseorang dengan orang lain atau antara suatu masyarakat dengan masyarakat yang lain. Lebih banyak informasi yang kita peroleh, maka akan lebih banyak pula perubahan dalam cara pandang dan cara berpikir kita (Manhaj). Dan kita semua tahu bahwa berbagai jenis informasi adalah didorong oleh peranan bahasa sebagai alat komunikasi.
Pendek kata, ada hubungan yang sangat erat antar globalisasi,informasi dengan peranan bahasa.
Oleh karena itu secara tidak langsung kita sebagai agent of social control dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggrisa dan bahasa arab. Di beberapa Negara bahasa inggris sebagaimana yang kita ketahui bahwa Bahasa inggris khususnya sudah dijadikan bahasa utama dan tidak dijadikan sebagai bahasa kedua. Bahasa inggris diajarkan dan dipelajari untuk dipraktikkan, sebab bahasa inggris ini sangat penting perananya sebagi alat komunikasi.
Disamping itu kita sebagai seorang muslim kita harus pandai-pandai mengantisipasi segala sesuatu yang muncul ditengah-tengah masyarakat atau bahkan disetiap bagian dunia. Kita harus bisa membaca situasi, perubahan, perkembangan dan kemajuan dari peradaban kehidupan, Khususnya didalam masalah bahasa ini. Saat ini, sebenarnya islam dihadapkan pada masalah-masalah modernisasi. Makanya kita harus mampu menghadapinya jika kita ingin berkembang dan tidak ingin tertinggal dari bangsa-bangsa yang lain didunia ini. Orang islam tidak boleh terbuang, sebab mereka telah menjadi bagian dari masyarakat internasional. Makanya dalam masalah ini peranan bahasa adalah sangat penting, khususnya bahasa inggris dan bahasa arab.
Sebagai seorang muslim yang konsisten, saya pikir kita telah mengetahui pentingnya peranan bahasa dari kitab suci al-qur’an yang artinya:
“ Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan mejadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.Sesungguhnya orang yang paling mulia diatara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu,sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal” (QS.Al-Hujarat:13).

Saya pikir dari ayat ini masing-masing dari kita dapat menemukan suatu kesimpulan bahwa peranan bahasa adalah sangat penting dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat.
Selain itu kita juga mengetahui bersama bahwa bahasa inggris kini telah mendominasi diseluruh dunia. Sebagian besar masyarakat dunia telah menjadikan bahasa inggris sebagai alat komunikasi. Dan bahasa inggris ini pula yang digunakan sebagai alat pembicaraan diberbagai forum internasional, seperti didalam organisasi perserikatan bangsa-bangsa (PBB) dan forum pmbicaraan puncak didunia.

“ Penulis adalah ketua BEM-Fakultas Tarbiyah {bem-fakta}
IAIN MATARAM periode 2009/2010

0 komentar:

Poskan Komentar